Headlines
Published On:Friday 9 September 2011
Posted by Unknown

MENGENAL PORTS RS-232




Converter komunikasi USB (Universal Serial Bus) ke DB9 (Port COM) merupakan converter yang dibutuhkan oleh rekan-rekan yang hendak mengkoneksikan PC ke Perangkat Radio (LINK RF GATEWAY), untuk menggerakkan PTT pada radio link,
USB Converter ke Serial DB9 yang ada di pasaran berbagai jenis dan type juga kecepatan transfer data, yang tentunya harganyapun juga berbeda.
dikarenakan ada beberapa dari rekan-rekan Senkom yang hendak mengkoneksikan RF Gateway ke radio link dari Laptop, terkendala pada Converter Serial ini ada yang support dan ada yang tidak apalagi converter yang harga murah 40-75 ribu, yang pada dasarnya bisa dipergunakan hanya saja USB to Serial tersebut berada pada Port Com diatas dari COM 10,
[eQSO+Interface+Installation.jpg]
RS-232 dipergunakan untuk menghubungkan secara seri di antara komputer dan modem atau piranti lain seperti di dunia industri testing seperti pengetesan PCBA : Digital Multimeter atau Frekuency Counter atau Oscilloscope) yang pada prinsipnya digunakan untuk mengendalikan piranti tersebut sesuai dengan test program .
Pembuat komputer dan pengeluar modem atau piranti lain yang tersebut di atas tidak bergantung di antara satu sama lain dengan adanya RS-232. Mereka akan menyediakan port atau penyambung yang sesuai dengan fungsi dan kegunaan port RS-232 yang masing-masing dan penyambungan kedua-dua alat ini akan dapat dilakukan. Maka tanpa mengira jenis atau merek komputer dan modem/piranti lain, mereka akan dapat disambungkan secara seri.
Mengenai isyarat secara garis besar dijelaskan tentang fungsi pin-pin bagi antaramuka RS-232 yang menggunakan penyambung DB-25 dan DE-9:
  • Signal Ground Pin 7 (DB25), Pin 5 (DB9), SG digunakan sebagai isyarat groun bersama (common signal ground), dan perlu disambungkan pada setiap masa.
  • Transmit Data Pin 2 (DB25), Pin 3 (DB9), TX digunakan sebagai pengirim data dari komputer ke serial device.
  • Receive Data Pin 3 (DB25), Pin 2 (DB9), RX digunakan sebagai penghantar data dari serial device ke komputer.
  • Data Terminal Ready Pin 20 (DB25), Pin 4 (DB9), DTR digunakan oleh komputer memberi isyarat kepada serial device bahwa ia telah bersedia. DTR perlu disetkan pada paras tinggi pada waktu berkomunikasi dengan modem/piranti lain.
  • Data Set Ready Pin 6 (DB25), Pin 6 (DB9), DSR digunakan oleh serial device untuk memberi isyarat kepada komputer bahwa ia telah bersedia untuk berkomunikasi.
  • Request to Send Pin 4 (DB25), Pin 7 (DB9), RTS dikeluarkan oleh komputer untuk memohon kebenaran mengirim data. RTS dikawal oleh komputer dan dibaca oleh modem/piranti lain.
  • Dupleks penuh – isyarat ini dikeluarkan secara terus. Dupleks separuh – isyarat dikeluarkan hanya apabila ada data untuk mengirim.
  • Clear to Send Pin 5 (DB25), Pin 8 (DB9), CTS digunakan untuk mengeluarkan jawaban kepada isyarat RTS bila modem/piranti lain sedia untuk menerima data. CTS dikawal oleh modem/piranti lain dan dibaca oleh komputer.
  • Data Carrier Detect Pin 8 (DB25), Pin 1 (DB9), DCD digunakan oleh modem/piranti lain untuk memberitahu komputer supaya bersedia untuk menerima data pada bila-bila masa.
  • Ring Indicator Pin 22 (DB25), Pin 9 (DB9), Modem mengeluarkan isyarat kepada RI (ring indicator) untuk memberitahu komputer bahwa ada pihak luar yang hendak berkomunikasi.
Untuk lebih jelas berikut ini saya jelaskan pin konfigurasi dari RS-232 (DB9) yang lazim pada komputer sekarang :
Keterangan mengenai fungsi saluran RS232 pada konektor DB-9 adalah sebagai berikut :

  1. Received Line Signal Detect, dengan saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa pada terminal masukan ada data masuk.
  2. Receive Data, digunakan DTE menerima data dari DCE.
  3. Transmit Data, digunakan DTE mengirimkan data ke DCE.
  4. Data Terminal Ready, pada saluran ini DTE memberitahukan kesiapan terminalnya.
  5. Signal Ground, saluran ground
  6. DCE ready, sinyal aktif pada saluran ini menunjukkan bahwa DCE sudah siap.
  7. Request to Send, dengan saluran ini DCE diminta mengirim data oleh DTE.
  8. Clear to Send, dengan saluran ini DCE memberitahukan bahwa DTE boleh mulai mengirim data.
  9. Ring Indicator, pada saluran ini DCE memberitahukan ke DTE bahwa sebuah stasiun menghendaki hubungan dengannya.



















PENULIS

Posted by Unknown on 09:07. Filed under . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Jangan ragu untuk meninggalkan sebuah respon atau komentar by: GIYANTO JAYA

By Unknown on 09:07. Filed under . Ikuti setiap berita RSS 2.0. Tinggalkan tanggapan

0 comments for "MENGENAL PORTS RS-232"

Leave a reply

FACEBOOK

UNTUK ANDROIDMU

http://3.bp.blogspot.com/-IjQh813QN50/VA_tMM55FHI/AAAAAAAAEVI/JNJx6fgNpWA/s1600/install-apk-file%2Bcopy.jpg